Semakin berkembangnya teknologi terutama computer yang semakin maju terutama untuk fasilitas grafika dan multimedia baik secara perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Dari segi perangkat keras, semakin berkembangnya kapasitas standar memori serta graphics card adalah sebuah tuntutan yang harus dipenuhi mengingat semakin canggihnya aplikasi-aplikasi grafika dan multimedia yang sekarang ada. Pemodelan 3D, bentuk objek yang mengarah pada photo realistic dan animasi adalah salah satu produk akhir grafika
Grafika computer adalah salah satu bagian dari ilmu computer yang dimana berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika computer adalah grafik computer 2 dimensi (2D) yang kemudian berkembang terus secara pesat hingga sekarang sudah bisa dibuat grafika computer 3D, pemrosesan citra (image processing) dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika computer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Grafik computer pertama kali ditemukan tahun 1960 aleh William Fetter yaitu pembuatan desain model cockpit (boeing) dan referensi model tubuh manusia 3D.
Dan hingga sekarang jaman yang sudah semakin canggih,jd pembuatan model tubuh manusia sudah bisa menggunakan bantuan computer, software yg banyak pilihanya.
Grafika computer terdiri dari bagian-bagian, yaitu :
1. Geometri
Geometri dari bahasa yunani terdiri dari 2 kata yaitu, geo yang berarti bumi, dan metria yang artinya pengukuran jadi geometri adalah ilmu yang mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
2. Animasi
Animasi merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak, awalnya film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di gerakan/putar sehingga muncul efek gambar bergerak dengan bantuan computer dan grafika computer pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
3. Rendering
Rendering adalah ilmu yang mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
4. Citra
Citra atau gambar atau bayangan adalah benda buatan manusia. Biasanya dua dimensi yang mempunyai kemiripan dengan suatu objek, biasanya objek-objek fisik atau manusia.
Citra yang ditangkap oleh kamera secara scanning (atas) dan yang di ciptakan lewat proses rendering (bawah), citra dapat berupa 2 dimensi (2D), seperti foto atau tampilan di layar, dan dapat pula 3 dimensi (3D), seperti patung, citra juga dapat ditangkap oleh alat- alat oprik, contohnya menggunakan alat kamera, cermin, lensa, teleskop, mikroskop, dsb. Dan ada juga alat yang di ciptakan oleh Tuhan yaitu mata.
Kerangka Grafik komputer
Graphics library/package (contoh : openGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System)
- Program aplikasi memetakan objek aplikasi ke tampilan atau citra dengan memanggil graphics library.
- Hasil dari interaksi user menghasilkan atau modifikasi citra.
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa. Disain, manufaktur, visualisasi dll.
Dasar matematika yang diperlukan dalam Grafika komputer, yaitu :
1. Trigonometri
2. dot dan cross prodak
3. vektor spaces
a. points, ventors, dan koordinat.
4. Geometri
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
avi.staff.gunadarma.ac.id/.../3+Grafik+Komp-Konsep+Dasar-1.pdf
http://inversesoftware.com/Storage/screen1.jpg